Argentina Dilanda krisis, IMF siapkan Dana Bantuan RP 851 Triliun

Sumberliputan  –  IMF siapkan Dana Bantuan sebesar US$57,1 miliar atau RP 851 Trilliun, untuk Argentina yang sedang Dilanda krisis dan langkah itu ditempuh seperjalananan dengan defisit anggaran dan nilai mata uang peso yang naik, Musim kemarau juga sudah mencederai ekspor sektor pertanian.

Keadaan ini sebabkan para Donatur menarik uang mereka hingga pemerintah dan perusahaan-perusahaan lokal harus tanggung hutang dalam dollar AS.

Presiden Mauricio Macri kemudian memohon IMF agar percepat bantuan dana yang rencananya bakal digunakan untuk menggalang anggaran.

Disudut lain, pemerintah Argentina melaporkan akan mengurangi pengeluaran dan wujudkan anggaran yang seimbang pada 2019-setahun dini dari yang awal direncanakan.

Selaku Direktur pelaksana IMF, Chritine Legarde mengatakan kalau dia bakal memberikan dana bantuan terbesar dalam sejarah IMF itu akan menolong untuk mengembalikan kepercayaan pasar di Argentina sekaligus menolong kelompok masyarakat “paling rentan

Bagaimanapun, Legarde menegaskan pentingnya disetujui kongres Argentina untuk anggaran 2019. Dana bantuan juga memerlukan persetujuan dari dewan Eksekutif IMF dan pekerjaan besar harus dibuat jika Argentina hendak merespons keadaan ini yang menantang secara efektif. Cara ini barulah awal, IMF berpegang teguh untuk mendukung pemerintah Argentina dalam usaha mereka, “kata Lagarade dalam jumpa pers di New York.

Rancangan penggelontoran dana bantuan IMF ini direspon rangkaian demonstrasi dan pemogokan oleh masyarakat Argentina, yang masih mengingat langkah pengencangan ikat pinggang di masa lalu akibat IMF

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *