Kisah Berdirinya instagram yang Terimaginasi Kamera Plastik Murah

Sumberliputan – Fasilitas berbagai konten Visual instagram dilampaui dua pendirinya, Kevin Systrom dan MikeKrieger, pengumumannya  diberitahukan pada senin (24/9/2018) semalam dan pasti tidak gampang untuk kevin Systrom dan Mike Krieger untuk lepas “anak” yang mereka dirikan dan majukan dari nol hingga menjadi raksasa seperti saat ini.

Pendapat Kevin Systrom, gagasan ciptakan instagram bermula dari hal yang sangat mudah, yaitu kamera analog plastik,”Holga”, kamera itu dijual sampai saat ini dengan perkiraan harga 40 dollar AS (Rp577.000-an).

Meski murah, Holga memberikan filosofi yang berkesan untuk kevin Systrom. Semua berasal dari kevin Systrom jalani pendidikan di italia dan berjumpa profesornya bernama Charlie.

Belajar mencintai ketidaksempurnaan

Charlie paham benar kalau kevin Systrom adalah orang yang sempurna, suatu saat, ia minta kevin Systrom berhenti gunakan kamera professional yang mahal dan berikan holga sebagai gantinya.

Kevin systrom terkejut dengan permohonan Charlie, Terlebih sesudah lihat dan genggam Holga yang memang seperti kamera mainan. Profesornya berkata lensanya terbuat dari plastic dan cahaya bisa tembus kemana-mana jika tidak waspada.

“kamu harus belajar mencintai ketidaksempurnaan,”begitu kata yang dilontarkan Charlie dan kemudian dicontohkan kembali oleh kevin Systrom dalam sebuah wawancara, disanalah belajar memakai dan mencintai estetika Holga dengan hasil foto berformat kotak (square ). Ia pun kembangkan sendiri rol film dari jepretannya. Terkadang ia tambahkan bahan kimia tersebut untuk mendapatkan efek khusus.

“Jika kalian perhatikan, ada koneksi antara Instagram dengan Holga, contoh hasil foto (yang mulanya) kotak dan beragam filter foto,” ia katakana.

Menurut kevin systrom, ciptaan terbagus dibuat bersumber pengalaman pribadi dari pengalaman-pengalaman masa lalu yang dicampur dan tawarkan esensi bernilai baru.

Dari Burbin hingga Instagram

Tentu saja perjalanan kevin systrom tidak ada habisnya dari saat-saat Holga tersebut sampai membangun instagram, beliau lebih dahulu berpetualang sebagai pekerja google pada 2006 dan sempat menciptakan startup sendiri bernama “Burbn”

Burbn merupakan cikal bakal lahirnya Instagram. Pada awalnya, Burbn adalah aplikasi check-in sewaktu pemakai ingin berlibur ke luar kota atau negeri disaat itu sudah mulai banyak investor tertarik, akhirnya kevin synstrom mengajak kolega lamanya, Mike Krieger, untuk bersama memajukan Burbn.

Biarpun pertama menjanjikan, Burn Ternyata tak bisa bertahan pada popularitasnya, Alhasil, kevin Systrom dan Mike Krieger putuskan memusatkan ke filtur foto yang diunggah pengguna sewaktu check-in di lokasi tersebut.

Tak disangka, banyak pemakai yang gemar dengan mekanisme berbagai konten foto dengan bermacam filter ala Holga, Instagram lantas resmi dikenal sebagai aplikasi berbagai konten foto pada 2010

Istirahat demi mencapai Imaginasi

Delapan tahun mendatang, ia dan Mike Krieger putuskan pergi dari perusahaan yang mereka bangun sendiri. Saa ini instagra, secara penuh di bawah kendali Mark Zuckerberg selaku CEO dan pendiri Facebook yang mengakusisi instagram pada2012 lalu.

“kami berkembang dari 13 pegawai semula sampai kini mempunyai ribuan dengan kantor cabang di seluruh dunia,”Ucap kevin Systrom dalam pengumuman pengunduran dirinya.

“kami buat produk yang dipakai dan disukai lebih dari 1 trilliun orang. Saat ini waktunya untuk memulai lembaran baru, imbuhnya.

Akan tetapi, ia dan Mike akan lanjut berkarya. Mereka sesumbar akan beristirahat sementara waktu, kemudian mengeksplor ide dan rasa penasaran mereka akan hal-hal baru.

“kami ingin mempelajari kembali apa yang menjadi imaginasi kami dan menggabungkannya dengan yang diperlukan dunia. Itu strategi kami,” ia memungkasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *